Welcome

Petolongan Pertama Yang Bisa Anda Lakukan Ketika Anak Demam

Sebagai orang tua, anda tentu sangat kghawatir ketika anak tengah sakit apalagi suhu badannya tinggi.jika anak, demam di saat siang hari, mungkin anda bisa segera membawanya ke dokter terdekat, namun demam sulit diprediksi, terkadang anak sering demam di malam hari. Hal ini tentu memusingkan anda bukan?

Demam pada anak tidak bisa dianggap remeh demam tinggi bahkan bisa sangat mengganggu kesehatan dan mengakibatkan terjadinya malasah lain pada tubuh jika tidak segera ditangani. Demam bahkan bisa berakibat fatal.

Jika anak anda mengalami demam, yang perlu anda lakukan adalah jangan panic. Panic justru akan membuat pikiran anda kacau dan akhirnya demam pada anak tidak bisa ditangani dengan baik.

Sebagai pertolongan pertama untuk mengatasi anak yang mengalami demam, anda bisa melakukan beberapa hal dibawah ini.Berikut ulasannya.

  1. Kompres Dengan Air Hangat

Cara yang satu ini mungkin sudah sering anda dengar tapi kompres air hangat memang sangat tepat untuk menjadi cara menurunkan panas pada tubuh si kecil. Selama ini mungkina anda bingung apakah kompres yang tepat untuk anak, apakah menggunakan air dingin atau hangat.Jawaban yang tepat untuk mengatasi suhu tinggi pada angat adalah dengan kompres menggunakan air hangat.

Hal ini dikarenakan air hangat mampu membuka pori puri kulit sehingga panas pada tubuh si kecil akan lebih mudah keluar. Anda bisa mengkomres sampai suhu tubuh anak anda menurun.Perlu diingat, air yang digunakan jangan terlalu panas supaya tidak menimbulkan sensasi terbarar pada kulit si kecil.

  1. Air Putih

Ketika si kecil demam hal yang perlu anda perhatikan adalah konsumsi air putih. Pastikan anak anda cukup mengkonsumsi air putih selama deman terjadi. Ketika suhu tubuh menjadi panas, tubuh akan rentan mengalami dehidrasi untuk mencegah hal tersebut anak anda bisa meminum air putih. Air putih sendiri dapat membantu anak supaya tidak cepat kehilangan tenaga dan merasa lemas.

Selain itu, dengan mengkonsumsi air putih pun tubuh akan menjadi terbantu untuk dapat mengeluarkan panas dari tubuh si kecil. Jadi pastikan anak anda mengkonsumsi cukup cairan ketika sudah menunjukan gejala demam sekalipun demam si kecil belum terlalu tinggi.

  1. Konsumsi Buah

Memang ketika sakit segala makanan akan terasa tidak enak, lidah juga cenderung merasakan semua makanan dengan rasa pahit. Namun, anda harus bisa membujuk si kecil untuk mau mengkonsumsi buah.Mengkonsumsi buah bisa berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh atau imun sehingga tubuh mampu melawan sakit si kecil.

Jika suhu tubuh anak anda sudah mulai naik, anda harus sedini mungkin peka dengan perubahan suhu tersebut. Bujuk anak untuk mau makan buah segar sehingga system imun bisa lebih kuat dan demam bisa lebih cepat turun.

Selain itu buah juga memiliki kandungan ion yang sangat dibutuhkan bagi tubuh yang tengah mengalami demam. Ketika tubuh demam ion dapat berkurang namun bisa dipenuhi kembali dengan cara mengkonsumsi buah.

Beberapa buah yang disarankan untuk dikonsumsi ketika si kecil demam adalah kiwi, semangka hingga jeruk.Hal ini dikarenakan buah-buahan tersebut mengandung banyak air yang dapat membantu memenuhi kebutuhan si kecil ketika demam.

  1. Konsumsi Makanan Dengan Kandungan Protein Serta Probiotik

Selain buah, makanan yang harus dikonsumsi anak ketika demam adalah makanan yang memiliki kandungan protein serta probiotik.

Ketika demam tubuh si kecil akan lebih mudah lemas oleh sebab itu ia membutuhkan asupan makanan yang dapat memberinya tenaga yang lebih. Makanan dengan tinggi protein mampu memberikan energy bagi si kecil sehingga kekebalan tubuh juga anak meningkat dan tubuh bisa dengan baik melawan virus maupun infeksi yang menjadi sumber demam.

Salah satu makanan dengan kandungan protein adalah tempe. Makanan yang satu ini memiliki kandungan protein yang tinggi.untuk anak yang demamnya telah turun pun masih disarankan mengkonsumsi protein karena dapat mempercepat pemulihan tubuh.

Selain protein, makanan dengan kandungan probiotik juga disarankan untuk dikonsumsi.Hal ini dikarenakan probiotik dapat menurunkan demam si kecil.