Welcome

5 Destinasi Wisata Alam Kalimantan Selatan Yang Indah

Kalimantan Selatan termasuk salah satu daerah di Indonesia yang memberikan pesona alam indah. Keindahan tersebut menjadikan daya tarik sendiri untuk para traveler atau wisatawan. Tiap destinasi sangat terawat hingga memunculkan keaslian yang tiada terkira. Dari sekian banyak lokasi, biasanya wisatawan mengunjungi 5 jenis. Apa sajakah kelima jenis destinasi tersebut? Inilah rincian lengkap tempatnya.

  1. Bamboo Rafting Sungai Amandit

Kalimantan selatan mempunyai banyak sekali sungai. Namun, diantara itu semua ada sungai yang dijadikan tempat untuk olahraga pemacu adrenalin yakni rafting. Arus sungai yang khas serta umumnya dipakai untuk olahraga tersebut, juga mempunyai sisi keindahan lainnya. Deretan pemandangan alam terhampar sempurna tepat di kanan kiri sungai. Setiap pengunjung mengarungi sungai untuk rafting akan merasa tenang dengan kesejukan yang dihadirkan disekelilingnya.

Selain itu pengunjung akan dibuat terpana lagi saat menjajal rafting. Kalau melakukan olahraga ini umumnya memakai perahu karet lengkap dengan pakaian pelampung, helm, dayung, dan perlengkapan rafting lainnya. Saat rafting di sungai ini ada perbedaan. Pengunjung melakukannya dengan rakit yang tersusun sempurna menggunakan bambu. Hal itu dilakukan untuk melestarikan adat daerah setempat. Maklum saja suku dayak meratus memakai rakit untuk transportasi utama menyusuri sungai Amandit.

  1. Pantai Angsana

Penyuka olahraga diving atau snorkling kini ada tempat baru yang layak dicoba karena penuh tantangan. Daerah Tanah Bambu Kalimantan Selatan mempunyai pesona alam tersembunyi bernama Pantai Angsana. Destinasi ini memang baru diresmikan oleh pemerintah daerah setempat. Akan tetapi sudah mampu mendatangkan pengunjung yang tidak sedikit. Dari hari ke hari peminatnya meningkat. Hal itu tidak lain karena keindahan pantai tak terkira. Air yang jernih hingga biota didalamnya dapat terlihat membuat penggemar selam tergiur untuk melihatnya sampai ke dalam. Keunggulan lainnya air sangat tenang sehingga aman bagi pengunjung jika ingin menikmati indahnya ditepian pantai bersantai dan bermain judi pulsa online.

  1. Air Terjun Bajuin

Letak lokasi wisata ini berada di sebuaha pedesaan bernama Sungai Bakar, kecamatan Pelaihari. Kalau dari kota Banjarmasin jaraknya mencapai 75 km, lumayan jauh juga. Air terjun ini masih mempunyai panorama asli, sejuk dan menenangkan. Deretan pepohonan hijau menjulang, aneka burung, tanaman anggrek, bunga bangkai menghiasi sekitar air terjun. Kondisi airnya sendiri sangat jernih dan segar. Siapapun yang ingin merasakan sensasi kesegaran airnya diperbolehkan. Tidak ada larangan sama sekali. Uniknya lagi air terjun tidak hanya satu jenis saja. 3 jenis air terjun dengan ketinggian berbeda ada disana. Pengunjung dijamin puas menikmati pesonanya.

  1. Air Panas Hantakan

Destinasi wisata keempat ini berada di kawasan kota Barabai Hulu Sungai Tengahnya. Jaraknya sekitar 14 km dari Barabui. Saat tiba di tujuan, pengunjung akan disuguhi beberapa kolam air panas yang siap memanjakan diri. Kolam-kolam tersebut umumnya dipakai berendam dan mandi. Selain membuat badan menjadi rileks, segar. Air panas yang berasal dari sumur di desa tersebut memiliki khasiat tinggi. Khasiat tersebut berfungsi untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Tentu saja itu sangat menggembirakan pengunjung. Wahana berenang untuk anak-anak juga tersedia di tempat ini. Letaknya bersebelahan dengan air yang tidak panas. Meskipun pemandian Hantakan ini telah berdiri puluhan tahun. Kebersihan dan pesonanya masih terjaga baik.

  1. Bukit Rimpi

Tempat ini bukanlah sekedar bukit biasa, panorama indahnya mampu menyihir siapapun yang datang. Isi dari bukit ini berupa padang savana dengan warna hijau segarnya. Karena padang rumput elok dan terawat terhampar. Selain itu keindahan panorama lain juga ditampakkan. Bentuk dari bukit ini berupa gundukan tinggi. Kalau dilihat lebih jelas mirip dengan bukit yang ada di film teletubbies. Sehingga banyak orang menyebutnya dengan bukit teletubbies. Sesi foto tidak pernah terlewati oleh pengunjung saat berada di bukit. Lokasinya sendiri berada di daerah pedesaan bernama Tampang, Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut.

Kalimantan Selatan memang menawarkan pesona alamnya. Semuanya serba alami dengan perawatan yang ekstra hati-hati. Meskipun waktu berlalu kecantikannya tidak pudar sedikitpun. Sarana transportasi menuju lokasi juga mudah. Wisatawan benar-benar diberikan kemudahan. Masukkan Kalimantan Selatan sebagai daftar wisata nusantara yang perlu dikunjungi saat liburan tiba.