Welcome

5 Hal Yang Ingin Anda Ketahui Tentang Pembuatan Cetakan

Cetakan adalah kesan negatif dari objek yang ingin Anda cetak. Ini menangkap setiap detail permukaan objek sampai ke bagian bawah atau lekukan sedikit pun. Bukan hanya benda mati – bahkan mungkin untuk menangkap orang yang hidup dan bernafas yang negatif sebelum menggunakan cetakan tubuh untuk mereproduksi model patung hidup yang menakjubkan.

  1. Bagaimana cara membuat cetakan? – Pembuatan cetakan adalah seni yang rumit. Ada banyak teknik seperti cetakan blok, cetakan selimut, cetakan sarung tangan, cetakan dituangkan dan banyak lagi. Pembuatannya bervariasi mulai dari yang sederhana sampai yang rumit dan beberapa dapat menghabiskan waktu. Demikian pula, Anda dapat membuat cetakan sebagai bagian tunggal atau dalam dua atau beberapa bagian tergantung pada bentuk dan kompleksitas objek. Pilihan jenis cetakan tergantung pada objek seperti ketangkasan dan tingkat kenyamanan Anda sendiri.
  2. Apa yang kamu butuhkan? – Anda harus menyimpan berbagai bahan, persediaan, peralatan, dan peralatan untuk membuat cetakan. Ada berbagai pilihan bahan pembuatan cetakan seperti tanah liat, plester, alginat, moulage, resin poliuretan, karet lateks, karet silikon, karet cetakan termoset dan sebagainya. Masing-masing memiliki fitur, fungsi, dan kesesuaian tertentu. Anda juga akan membutuhkan sarung tangan, wadah, spatula, mixer, kuas, pisau, serak dan kadang-kadang bahkan meja bergetar atau ruang hampa udara. Anda harus mengambil semua bahan dan alat seni Anda dari merek dan pemasok tepercaya untuk memastikan kualitas dan nilai yang baik.
  3. Bagaimana cara melakukannya? – Setelah Anda menentukan bahan dan metode pembuatan cetakan yang paling cocok, Anda mulai dengan pembuatan cetakan yang sebenarnya. Anda akan membutuhkan kotak cetakan untuk memuat objek dan menyegel objek terlebih dahulu. Lebih baik menerapkan agen rilis di atas model. Maka Anda harus menerapkan atau menuangkan bahan pembuatan cetakan di seluruh objek. Aspek teknis seperti spues dan kunci harus dipertimbangkan. Cetakan harus diatur dengan benar sebelum menahannya dengan hati-hati dari objek.
  4. Bagaimana cara menggunakan cetakan? – Setelah cetakannya benar, cetakan siap digunakan. Bersihkan dan selesaikan dengan benar sebelum melanjutkan ke casting. Anda harus hati-hati memilih bahan casting pelengkap karena yang terakhir tidak boleh bereaksi atau mengganggu cetakan dengan cara apa pun. Sealing dan pelapisan dengan agen rilis mengikuti lagi sebelum menuangkan bahan casting.
  5. Jika Anda butuh bantuan? – Pembuatan cetakan itu menarik, menyenangkan dan bahkan membuat untuk profesi yang menguntungkan. Anda dapat mempelajari cara membuat cetakan dengan magang di bawah seorang ahli, menonton video, membaca buku-buku panduan atau bahkan bereksperimen sendiri. Atau Anda dapat memilih untuk bergabung dengan bengkel yang dipimpin oleh seorang profesional berpengalaman untuk beberapa pembelajaran langsung yang berharga.