Welcome

Kolektor Mobil Tua, Hobi Mahal Yang Diminati

Pada umumnya, laki-laki menyenangi kendaraan atau otomotif.Banyak diantara mereka menjadikan otomotif sebagai hobi. Ada yang tertarik di kendaraan roda dua yaitu motor dan tak sedikit pula yang menggemari mobil termasuk juga mobil tua atau antik. Hobi mengoleksi barang antik tentu merupakan hobi yang tidak murah.Tak heran, hobi ini banyak digemari oleh pria-pria yang sudah mapan secara finansial.Kepuasan batin yang tak ternilai akan di dapatkan saat berhasil membeli mobil impian dengan hasil kerja kerasnya sendiri. Banyak juga dari mereka yang menjadikan hobi ini sebagai investasi karena pada prinsipnya barang antik yang langka nilainya semakin lama akan semakin naik sehingga semahal apapun harga pada saat membeli tidak akan mengalami kerugian ketika menjualnya. Namun, memiliki hobi seperti ini menuntut pelakunya untuk pandai dalam mnegatur keuangan. Alasannya, meskipun sudah mendapatkan mobil yang diinginkan, pehobi tidak akan puas begitu saja. Selalu ada barang baru yang akan menjadi target incaran.

Mobil antik memiliki daya tarik tersendiri bagi para kolektor.Bentuknya yang unik dan menarik membuat para pehobinya memiliki kebanggan tersendiri ketika memilikinya.Meskipun tidak memiliki fitur-fitur yang canggih seperti mobil modern, mobil antik tetap memiliki keistimewaan.Sebagai contoh, mobil VW kodok klasik memiliki perbedaan dengan mobi pada umumnya. Jika umumnya mesin berada dibagian kap depan mobil, maka mobil jenis ini justru meletakkan mesinnya pada bagian belakang mobil. Keunikan-keunikan seperti inilah yang mungkin tidak ditemukan pada mobil keluaran terbaru, sehingga membuat mobil kuno memiliki harga jual yang tinggi.

Yang harus anda ketahui, ternyata terdapat perbedaan antara mobil tua dengan mobil klasik.Mobil klasik tidak selalu tua, contohnya jenis mobil baru seperti Ferrari ataupun Mercy dapat digolongkan sebagai mobil klasik, tergantung bentuk dan modelnya.Mobil dapat digolongkan tua ketika sudah berumur lebih dari 40 tahun sejak tahun pembuatannya.Salah satu seni dalam koleksi mobil antik ini adalah tidak adanya harga pasar untuk jenis mobil tertentu. Harga jual suatu mobil di dasarkan pada kedekatan emosional antara pemilik mobil dengan mobil yang akan dijual. Selain itu, beberapa pertimbangan lain seperti misalnya orisinalitasnya, kelangkaannya, atau nilai historisnya juga dapat dijadikan acuan untuk memberi harga pada mobil. Karena kenangan bersama mobil terkadang sulit dilupakan dan tidak tidak ternilai harganya.Berbeda dengan mobil baru yang memiliki harga standar pasar, sehingga pada saat jual beli prosesnya menjadi lebih mudah.

Menjadikan mobil tua sebagai koleksi tentu tidak akan menghilangkan jati diri mobil sebagai alat transportasi. Mobil yang dikoleksi biasanya tetap dapat dioperasikan bahkan tidak jarang dipakai untuk touring bersama sesama pecinta mobil antik.Bahkan sebagian orang juga menjadikan koleksi mobil antiknya sebagai kendaraan pribadi yang digunakan dalam aktivitas sehari-hari.Tentu saja bukan hal mudah merawat mesin-mesin tua itu agar tetap berfungsi sebagaimana mestinya.Diperlukan perawatan rutin dan biaya yang tidak sedikit untuk itu. Seperti contohnya ketika harus dilakukan penggantian spare part, pemilik harus berburu ke berbagai tempat untuk mendapatkan spare part orisinil. Tak jarang perburuan dilakukan sampai keluar negeri melalui situs-situs jual beli online.Jika sudah seperti itu, harga bukan lagi suatu masalah. Spare part juga bisa di dapatkan melalui komunitas-komunitas pecinta mobil antic yang kini menjamur dimana-mana. Melalui komunitas, mereka bisa saling bertukar info tentang perawatan maupun jual beli mobil antik.

Hobi mengoleksi mobil antik ini diminati dari berbagai kalangan.Selebriti terkenal pun banyak yang melakoni hobi ini.Sebut saja yang paling terkenal adalah penyanyi sekaligus komedian Andre Taulany.Pekerjaannya sebagai komedian dengan bayaran yang mahal memungkinkan dia membeli koleksi mobil-mobil antiknya yang tergolong mobil mewah dengan mudah.Andre memiliki koleksi mulai dari Mercy S320, Porsche, VW Kodok, hingga Mini Cooper Moris yang tentunya harganya tidaklah murah.Koleksi mobil antik Andre yang paling mahal adalah Shelby Mustang yang digadang-gadang memiliki harga mencapai 9.7 milyar.Luar biasa bukan? Untuk menampung koleksi mobilnya yang jumlahnya banyak, Andre sampai membangun garasi khusus. Mengoleksi mobil tua dapat memberikan pelajaran sejarah bagi para pemiliknya maupun orang-orang disekitarnya.